Tips Sebelum Berangkat Umroh Supaya Nyaman dan Berkesan

Tips Sebelum Berangkat Umroh Supaya Nyaman dan Berkesan

Tips Sebelum Berangkat Umroh Supaya Nyaman dan Berkesan

Tips Sebelum Berangkat Umroh Supaya Nyaman dan Berkesan

Sebagaimana kita ketahui, melaksanakan umroh ke Baitullah merupakan sebuah kesunnahan yang sangat di anjurkan. Allah telah memerintahkan umroh sebagaimana haji secara langsung di Al Qur,an. Jadi tak heran bila umat Islam dari berbagai belahan dunia berbondong – bondong menuju tanah suci untuk melaksanakannya. Bahkan mereka tak pedulu seberapa jauh dan lamanya perjalanan dari negeri mereka menuju tanah suci.
Secara geografis, tanah suci Mekah dan Madinah berada di Arab Saudi. Sebuah negara yang berada di Timur tengah. Negara ini di dominasi oleh gurun – gurun pasir dengan kondisi cuaca yang agak berbeda dari negara kita Indonesia. Jadi dalam banyak hal, ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi mereka yang baru menginjak negara ini, terutama menyesuakan kondisi tubuh dengan cuaca yang kadang  ketika siang bisa mencapai 45 derajat celcius (lebih panas dari rata rata di Indonesia) dan bila malam kadang hanya 10 derajat celcius saja ( agak dingin ).

Tips Sebelum Berangkat Umroh
Bagi anda yang akan melaksanakan umroh, sebelumnya harus memiliki sedikit pengetahuan akan berbagai kegiatan dan kondisi yang akan anda jalani. Ini sangat penting mengingat anda akan berada di daerah orang lain (negara lain) dan acara yang cara mengerjakannya khas. Sehingga banyak travel umroh di Indonesia memberikan pelatihan manasik umroh kepada jamaahnya.
Nah dalam kesempatan ini, kami akan memberikan  tips sebelum berangkat umroh supaya perjalanan umroh anda terasa nyaman dan khusyuk. Di harapkan dengan anda setelah memahami tips – tips ini bisa dengan mudah memutuskan kapan anda akan berangkat umroh dan apa saja yang harus anda persiapkan.

 

1. TENTUKAN WAKTU TERBAIK BUAT UMROH
Sebenarnya ibadah umroh bisa di laksanakan kapan saja, namun mengingat kondisi Arab saudi yang memiliki banyak gurun pasir maka pilihan waktu tentu saja penting. Dalam Al qur,an telah tergambarkan bahwa di Arab saudi terdapat 2 musim yakni Musim panas (Syita) dan Musim Dingin (Shoif).

Musim panas  (terjadi di kisaran bulan Juni – Agustus)  suhu udara bisa mencapai 45 derajat celcius dan Musim dingin (November – Februari ) suhu udara bila siang bisa mencapai 42 derajat celcius namun malam bisa hanya 8 derajat celcius saja.

Pada bulan Maret – Mei kondisi suhu udara lebih bersahabat. Sehingga bagi anda yang mudah lelah pemilihan waktu waktu ini tentu penting, supaya badan anda kuat dan mampu untuk melakukan umroh secara sempurna. Mengingat bahwa ibadah umroh bukan hanya ibadah di dalam mesjid saja, ada banyak kegiatan yang di laksanakan di luar juga.

Selain karena suhu udara, waktu terbaik umroh juga harus di pertimbangkan dari faktor keramaian pelaksanaan umroh. Biasanya waktu waktu seperti akhir tahun, liburan panjang dan menjelang Ramadhan terjadi lonjakan pelaksanaan umroh. Hal ini berimbas pada biaya yang lebih mahal dan juga kepadatan jamaah di tanah suci yang meningkat. Hal ini menurut kami harus anda pertimbangkan.

 

2. DAPATKAN BIAYA UMROH YANG SESUAI BUDGET ANDA
Pada dasarnya, bepergian ke manapun di zaman sekarang memerlukan biaya. Apalagi jika kita menempuh perjalanan ke Luar negeri, tentu biayanya lebih besar lagi. Kita harus mengukur biaya perjalanan dengan nilai uang yang kita miliki agar mendapatkan kenyamanan dan tidak sampe membuat kita berutang atau mengambil uang yang mungkin menjadi modal usaha kita.

Di Indonesia, kisaran biaya umroh sekitar 20 juta  sampai 35 juta. Biaya ini menyangkut biaya tiket pesawat apakah direct (penerbangan langsung) atau transit, Fasilitas Hotel di arab saudi, Tingkat keramaian umroh untuk hari liburan dan ramadhan.

Biasanya biaya yang lebih rendah semisal 18 – 20 Jutaan kebanyakannya menggunakan hotel bintang 3 atau pun bintang 4, sedangkan Biaya di atas 25 juta biasanya menggunakan hotel bintang 5.  Anda tinggal memilih biaya mana yang akan anda ambil. Tentunya anda harus jeli dengan fasilitas dan destinasi yang akan anda dapatkan serta ittinerary perjalanan yang akan anda lakukan.

Biaya umroh juga di pengaruhi oleh ittinary perjalanannya, apakah langsung menuju Arab saudi ataukah singgah di negara lain dan melakukan tour di negara tersebut. Semisal paket umroh plus Turki, Kairo atau Dubai tentu harganya akan lebih mahal daripada paket umroh saja.

Penting di perhatikan, dalam artikel Tips  sebelum berangkat umroh kami ingin sampaikan bahwa dalam hal mengatur biaya untuk umroh, jangan sampai membebani keuangan keluarga. Pilihlah paket yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda dan tidak sampai menguras keuangan keluarga. Kita tentunya punya banyak keperluan lain yang memerlukan sejumlah uang dan kita pastinya harus pintar – pintar untuk mengelolanya.

 

3. PILIHLAH AGEN TRAVEL UMROH RESMI DAN AMANAH
Memilih agen umroh terpercaya mendapatkan peringkat terpenting ketika kita akan umroh. Mengapa demikian, karena telah terbukti beberapa waktu yang lalu, ada banyak jamaah yang batal ke tanah suci padahal sudah membayar lunas biaya perjalanan karena tertipu travel umroh nakal.

Pilihlah travel umroh yang telah memiliki izin Umroh dari kementrian agama, menawarkan harga yang wajar dan kepastian berangkat. Dengan adanya izin, kewajaran harga dan kepastian keberangkatan akan membuat anda tenang alias tidak was – was. Anda juga harus mengecek track record travel umroh tersebut dengan melihat galeri photo-photo perjalanan umroh yang pernah di lakukan dan testimoni orang lain terhadap travel umroh tersebut.

Jangan sekali – kali tergiur oleh penawaran umroh murah di bawah harga yang wajar. Karena bisa jadi hal itu  akan membuat anda kecewa. Biasanya ada travel umroh yang menawarkan harga yang “jatuh” hanya untuk menutupi utang travel umroh tersebut kepada jamaah yang akan di berangkatkan di waktu terdekat. Hati – hati bila anda melihat gelagat tersebut dan pastikan tidak terjebak.

 

4. PERSIAPKAN PERBEKALAN DAN PERLENGKAPAN SELAMA UMROH
Sebelum melaksanakan umroh, jangan lupa mempersiapkan perbekalan serta perlengkapan yang akan di bawa ke tanah suci. Kami akan sebutkan beberapa point yang bisa anda siapkan :

  1. Segera urus beberapa dokumen yang di perlukan untuk umroh seperti Paspor, pas photo close up, kartu kuning vaksinasi meningitis. Yang kami sebutkan terakhir juga di wajibkan oleh pemerintah Arab Saudi bagi setiap jamaah yang akan melaksanakan umroh/haji. Biasanya mengurus berbagai macam dokumen di atas kisaran 1 – 2 minggu.
  2. Bagi yang jarang olah raga, mulai yah jogging atau berlari lari keci. Hal ini di lakukan karena ketika di Tanah Suci, anda akan banyak melakukan ibadah yang berhubungan dengan fisik seperti Thawaf, Syai, Ziarah bahkan pulang balik dari mesjid ke hotel.
  3. Cobalah mulai membaca buku buku panduan Umroh dan ikuti manasik umroh yang di laksanakan oleh agen travel umroh pilihan anda.
  4. Persiapkan pakaian yang akan di bawa menuju tanah suci sesimpel mungkin namun cukup untuk perjalanan umroh anda selama 9 atau 10 hari. Sebaiknya persiapkan perlengkapan ini seminggu sebelum keberangkatan. Seperti pakaian ihrom ( baju gamis ), sandal / sepatu, kaos kaki, kaos tangan, kerudung/bergo, pelembab/sabun non parfume dll.
  5. Untuk pakaian dalam bawa secukupnya, namun alangkah lebih baik bawacd/panty sekali pakai  yang bisa di beli di toko perkengkapan pakaian dalam, karena selain tidak perlu banyak yang di cuci, jika terkena najis setelah buang air bisa langsung di buang dan ganti yang baru.
  6. Jangan lupa bawa buku do’a saku, Al-Qur’an kecil untuk kita baca disana.
  7. Selain bawa tas koper besar ( biasanya dari travel kita dapat jatah koper dan seragam), bawalah juga tas jinjing yang bisa di taruh di kabin pesawat nanti berisi 1 stel pakaian ganti, handuk kecil,  perlengkapan mandi , pelembab wajah dan bibir, lotion penangkal cahaya matahari. Jika waktu di perjalanan muntah/ basah dan delay di tempat transit kita bisa segera ganti antau menyegarkan diri.


5. PERSIAPKAN MENTAL DAN NIAT SEBELUM BERANGKAT UMROH
Perjalanan umroh bukan sekedar wisata biasa. Umroh adalah sebuah perjalanan Ibadah. Setiap muslim yang melangkahkan kaki berangkat ke tanah suci harus memulainya dengan  niat  yang mulia yakni Niat Ibadah kepada Allah.  Dengan niat yang tulus ini, maka kita akan berangkat dengan penuh semangat walaupun banyak proses ibadah yang memerlukan gerakan fisik.

Selain niat juga, setiap calon jamaah umroh di haruskan mempelajari pengetahuan tentang syarat dan rukun Umroh. Oleh karena itu, biasanya setiap travel umroh selalu mengadakan manasik Umroh untuk memberikan pengetahuan kepada setiap calon jamaahnya.

 

Sumber Artikel :